5 KISAH YANG PATUT KITA BACA DAN RESAPI MAKNANYA.

motivasi

1. SAUDAGAR TOMAT
Pada suatu ketika ada seorang anak muda yang berasal dari kampung dan bermodalkan lulusan SMP mencoba mengadu nasib di Jakarta.
Dia melamar ke sebuah perusahaan computer terkemuka di dunia yang berkantor di Jakarta sebagai office boy atau tukang sapu.

HRD Manager : Anak muda kamu ingin bekerja disini?

Anak Muda : Iya Pak, saya mau bekerja sebagai tukang sapu saja di kantor ini

HRD Manager : Baiklah kalau begitu saya akan berikan test tertulis kepada Anda.

Maka test tertulis pun diberikan kepada si anak muda dan terlihat dia bisa mengerjakan test tersebut dengan sangat baik. Setelah waktu mengerjakan test telah usai maka anak muda inipun diminta untuk pulang dan menunggu hasilnya dalam 1 minggu ke depan. Satu minggu akhirnya berlalu dan anak muda ini dengan penuh keyakinan datang ke perusahaan komputer tersebut untuk memastikan dia bisa bekerja di sana.

Anak Muda : Pak bagaimana hasil test saya ?

HRD Manager : Anak muda hasil test anda sangat baik tapi mohon maaf saat ini kami tidak bisa menerima anda bekerja di tempat kami.

Anak Muda : Dengan sangat terkejut dia bertanya’kenapa saya tidak diterima padahal hasil test saya sangat baik?’

HRD Manager : Anak muda di formulir data karyawan ada tertulis alamat email tetapi ternyata anda tidak mengisinya pada saat itu !

Anak Muda : Memangnya email itu apa Pak, saya tidak punya email sehingga saya tidak tahu harus isi apa !

HRD Manager : Karena itulah anak muda system di kantor kami yang menolak anda karena semua orang di sini harus mempunyai email pribadi.

Dengan perasaan sedih akhirnya diapun meninggalkan perusahaan tersebut dan terus terbayang kata ’email’ dalam benaknya yang membuat dia gagal di perusahaan tersebut.

Karena kecewa diapun akhirnya pulang kembali ke kampung dan dengan sisa semangatnya dia mencoba bercocok tanam sebagai lahan kehidupannya.

Lima tahun kemudian di sebuah kampung ada seorang saudagar tomat yang sangat sukses, berita kesuksesannya bahkan sudah menyebar ke kota.

Kemudian pada suatu hari ada seorang wartawan perempuan yang berkunjung ke kampung tersebut dan akhirnya bertemu dengan saudagar tomat yang sangat sukses tersebut.

Wartawan : Pak apakah bisa ceritakan bagaimana perjalanan hidup Bapak sehingga bisa menjadi saudagar tomat yang sangat sukses seperti ini ?

Saudagar Tomat ini pun bercerita banyak kepada sang wartawan dan kemudian pada akhir wawancara :

Wartawan : Pak terima kasih atas ceritanya, apakah Bapak punya email supaya nanti kami mudah untuk berkomunikasi dengan Bapak ?

Saudagar Tomat : Mendengar kata ’email’ dia mengkerutkan dahinya sambil berkata ‘Ibu Wartawan, saya tidak punya email dan kalaupun saya mempunyai email dalam hidup ini mungkin saya tidak bisa menjadi saudagar tomat yang sukses di kampung ini dan saya mungkin hanyalah menjadi seorang tukang sapu di Jakarta.

[Tweet “Seorang bijak pernah berkata bahwa dalam kehidupan ini selalu ada kabar baik dan kabar buruk, kita tidak pernah tahu apa maksud itu semua yang sedang disiapkan Sang Maha Pencipta untuk kita”].

Yang bisa kita lakukan, baik itu kabar baik ataupun kabar buruk adalah menjalankannya dengan pikiran dan hati yang positif karena kita percaya di balik itu semua ada sebuah rencana besar yang sedang disiapkan Sang Maha Pencipta bagi kita untuk menjadikan kita semakin bermakna dan semakin besar.

2.PERSEPSI

Ada seorang ayah yang menjelang ajalnya dihadapan sang Istri berpesan DUA hal kepada 2 anak laki-lakinya :

Pertama : Jangan pernah menagih hutang kepada orang yang berhutang kepadamu.

Kedua : Jika pergi ke toko jangan sampai muka kamu terkena sinar matahari.

Waktu berjalan terus. Dan kenyataan terjadi,bahwa beberapa tahun setelah ayahnya meninggal anak yang sulung bertambah kaya sedangkan yang bungsu menjadi semakin miskin.

Pada suatu hari sang Ibu bertanya kepada kedua orang anaknya mengapa hal itu terjadi kepada mereka.

Jawab anak yang bungsu :
“Ini karena saya mengikuti pesan ayah. Ayah berpesan bahwa saya tidak boleh menagih hutang kepada orang yang berhutang kepadaku, akibatnya modalku susut karena orang yang berhutang kepadaku tidak membayar sementara aku tidak boleh menagih”.

“Juga Ayah berpesan supaya kalau saya pergi atau pulang dari rumah ke toko dan sebaliknya tidak boleh terkena sinar matahari. Akibatnya saya harus naik becak atau andong, padahal sebetulnya saya bisa berjalan kaki saja, tetapi karena pesan ayah itu, akibatnya pengeluaranku bertambah banyak”.

Kepada anak yang sulung yang bertambah kaya,
sang Ibu pun bertanya hal yang sama.

Jawab anak sulung :
“Ini semua adalah karena saya mentaati pesanayah. Karena Ayah berpesan supaya saya tidakmenagih kepada orang yang berhutang kepadasaya, maka saya tidak pernah memberi hutang sehingga dengan demikian modal saya tidak susut”.

“Juga Ayah berpesan agar supaya jika saya berangkat ke toko atau pulang dari toko tidak boleh terkena sinar matahari, maka saya berangkat ke toko sebelum matahari terbit dan pulang sesudah matahari terbenam. Karenanya toko saya buka sebelum toko lain buka, dan tutup jauh sesudah toko yang lain tutup.””Sehingga karena kebiasaan itu, orang menjadi tahu dan tokoku menjadi laris, karena mempunyai jam kerja lebih lama”.

[Tweet “Kisah diatas menunjukkan bagaimana sebuah kalimat di tanggapi dengan presepsi yang berbeda. Jika kita melihat dengan mentalitas positif maka segala kesulitan sebenarnya adalah sebuah tantangan yang akan menghantar kita kepada perjalanan kesuksesan.”]

Seorang bijak berkata : ‘Berusahalah melakukan hal biasa dengan cara yang luar biasa’ .

3.10 TAHUN ATAU 1 TAHUN
Ada seorang pemuda yang mengatakan bahwa dia telah bekerja dan memiliki pengalaman selama 10 tahun. Kemudian dengan kesombongannya dia menuliskan sebuah surat lamaran, dan akhirnya dia pun diwawancara oleh seorang Direktur yang sangat bijaksana.

Direktur : Anak muda saya akan mengajukan sebuah pertanyaan kepada anda.

Anak muda : Oh silakan pak saya siap menjawab pertanyaan bapak.
Direktur : Anak muda, dalam surat lamaran anda menulis telah berpengalaman selama 10 tahun ?

Anak muda : Benar sekali pak, saya telah berpengalaman selama 10 tahun.

[Tweet “Direktur : Anak muda, pertanyaan saya sederhana saja yaitu apakah anda benar-benar berpengalaman selama 10 tahun yang sesungguhnya ataukah anda ini sebenarnya hanya mempunyai pengalaman selama 1 tahun yang anda ulang sebanyak 10 kali ?”]

Anak muda : (terdiam tanpa menjawab apapun)

Kalau seandainya pertanyaan yang sama diajukan kepada kita saat ini ? Hei apakah anda telah berpengalaman selama sekian tahun yang sesungguhnya ataukah hanya punya pengalaman 1 tahun yang anda ulang berkali-kali ?

Ya, lampunya akan mati karena kehabisan minyak dan supaya lampunya tetap menyala maka kita harus terus mengisi minyak ke dalam lampu tersebut. Demikian juga dengan kita sebagai manusia, apabila kita ingin terus bersinar maka kita harus terus belajar bahkan sampai ke negeri cina sekalipun.

4.PETANI JAGUNG

Tersebutlah seorang petani jagung di suatu desa yang sangat terkenal akan kualitas jagungnya. Setiap kali panen pembeli selalu memuji akan kualitas jagung dari sang petani.

Pembeli : Pak saya sangat mengagumi akan kualitas jagung bapak yang luar biasa, setiap kali panen hasilnya selalu sama yaitu kualitas nomor satu.

Petani : Terima kasih atas pujiannya, saya sangat senang mendengar hal ini dari banyak orang yang datang ke tempat kami ini.

Pembeli : Pak apa sih sebenarnya rahasia Bapak yang bisa menghasilkan jagung sebaik ini ?

Petani : Tidak ada rahasia pak, kami di desa ini melakukan hal sama dengan petani lain di desa yang lain dalam hal menanam dan memelihara pohon jagung kami.

Pembeli : Tetapi mengapa di desa ini semua jagung panennya sangat bagus sekali ?

Petani : Mungkin kami selalu berbagi bibit yang baik satu sama lain, kalau saya mempunyai bibit yang baik dalam musim tanam kali ini maka saya akan bagikan bibit tersebut kepada petani yang lain demikian juga kalau petani lain mempunyai bibit yang baik dia akan bagikan kepada saya.

Pembeli : Kenapa harus berbagi bibit yang baik kepetani lain, kenapa bibit tersebut tidak bapak tanam sendiri ?

[Tweet “Petani : Kami tidak boleh egois seperti itu karena kalau saya menanam bibit yang baik sedangkan petani lain menanam bibit yang jelek nanti kalau ada angin maka serbuk sari yang jelek akan menempel ke bibit yang baik dan berakibat hasilnya menjadi jelek semua. Kalau semua menanam bibit yang baik dan kalaupun ada angin dia akan membawa serbuk sari yang baik dan tentu hasil penyerbukan menjadi baik semuanya.”]

Pembeli : Oh saya baru menyadari saat ini mengapa hasil jagung Bapak begitu bagus demikian juga dengan petani-petani lain di desa ini ternyata jawabannya adalah semangat berbagi yang baik kepada sesama akan menghasilkan buah-buah yang baik pula untuk semuanya.
Selamat berbagi kebaikan kepada sesama untuk mendapatkan kebaikan dalam kehidupan ini

5.TUKANG BAKSO DAN TUKANG TAHU

Tukang Bakso

Pada suatu hari Tukang Bakso berpikir untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tetapi sayang ternyata dia ingin berbuat kurang baik.

Berawal dari beberapa komentar orang yang mengatakan bahwa baksonya kurang enak dan kurang gurih maka diapun akhirnya menggunakan penyedap tambahan dan bahan kimia boraks untuk membuat baksonya menjadi lebih kenyal, lebih enak dan lebih gurih.

Dalam hatinya dia berkata :
“Gak apa-apalah yang penting saya dan keluargasaya tidak mengkonsumsi bakso ini”

Tukang Tahu

Pada suatu hari Tukang Tahu merasa tahunya kurang diminati dan cepat rusak alias basi. Kemudian diapun berpikir bagaimana caranya untuk membuat tahunya lebih cepat laku.

Tapi sayang dia berpikir dan berencana yang kurang baik. Dia mendapatkan ide untuk menambahkan formalin ke dalam tahunya dengan harapan tahunya lebih awet dan tahan lama.

Akhirnya diapun menambahkan formalin dalam tahunya dan dalam hatinya dia berkata : “gak apa apalah yang penting saya dan keluarga saya tidak mengkonsumsi tahu ini”
Apa yang terjadi ?

Ternyata perbuatan tidak baik Tukang Bakso dan Tukang Tahu berbalik kepada mereka dan keluarganya.

Tanpa disadari Tukang Bakso dan keluarganya menyantap tahu yang telah mengandung formalin dan Tukang Tahu dan keluarganya menyantap bakso yang telah mengandung boraks.

[Tweet “Ternyata hukum alam selalu berlaku dalam kehidupan ini. Ketika kita menanam kebaikan maka kita akan memanen kebaikan dan ketika kita menanam kejahatan maka kita akan memanen kejahatan.”]

Cepat atau lambat hal itu akan terjad i kepada diri kita sehingga apabila kita ingin diri kita dan keluarga kita baik maka berbuat baik jugalah kepada siapapun yang ada di sekeliling kita.

Disari dari buku.
Motivation Bulletin
Andreas Hartono
w w w.andreashartono.com

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat bagi dunia pendidikan, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ ) yang kami sediakan. BERBAGI TIDAK AKAN MENGURANGI REZEKI.

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Dapatkan buku maut pengubah nasib disini

Leave a Reply

DOWNLOAD 5 BUKU PEMBELAJARAN BERMUTU TINGGI

GRATIS

terima kasih , link download sudah kami kirim ke email anda

Something went wrong.